Dalang Edan Wayang Pethakilan

Bumi Gonjang Ganjing
Langit Kelap Kelip
Pancen wolak-waliking jaman
amenangi jaman edan
ora edan ora kumanan..
Sing waras padha nggagas
wong tani padha ditaleni
wong dora padha ura-ura
beja-bejane sing lali,
isih beja kang eling lan waspadha... .


Acap kacarita, tidak ada kecap nomer 2, 3, 4, ... dst, yang ada hanyalah kecap nomer 1, mungkin hanya kecap yang ada di dalam kemasan mie instan saja yang bukan kecap nomer satu karena mengandung bahan pengawet kosmetik, sehingga ramai-ramai ditarik dari toko-toko di taiwan, hongkong dan berbagai negara lain.

Lho lak iyo yo, Pak Liek ini sudah mulai ngelantur, pada pembukaannya dalangan kok isinya ngelantur ke cerita kecap segala. Ya, sudah kalau beg... beg... beg...itu Pak Liek lankutkan saja kisah pewayangannya.

Acap Kacarita, hoooop ... stop ... bentar .... bentar ... enaknya ini wayang lakonnya siapa, kalau wayang lakon Pandawa lawan Kurawa dalam perang baratha yuda apalagi Punakawan Semar, Petruk, Gareng dan Bagong, semua itu sudah kuno kata anak-anak jaman sekarang.

Tiba-tiba ada anak muda nyeletuk "waw, Pak Liek ini gimana meskipun kita anak muda jangan dikira kalau tidak tahu tentang pewayangan, Semar itu tukang kentut, Petruk juga punya nama lain yaitu Kantong Bolong, ciri-cirinya hidung panjang kayak Pinokio, trus Gareng jalannya pincang dan terakhir adalah Bagong si tubuh bulet dan tambun".

Lha dha lah kersaning kupluk, kowe kok pinter tenan le' ... anak e' sopo koe' le'!. Dan si anak muda pun menjawab "iya Pak Liek, sekarang apa sih yang ngga bisa kita ketahui, kalau gak tahu kan bisa tanya langsung ke Mbah Google, tinggal seraching saja ... gitu saja kok repot Pak Liek. Semua itu tahunya juga terpaksa, kalau ndak dikasih tugas sama Pak Guru di sekolah ya ndak bakalan tanya ke Mbah Google."

Oh ah la ... jagad kerat ... sak arat-arat ..., ya sudah kalau begitu Pak Liek lanjutkan lagi ceritanya. Lakonnya si Unyil dan kawan-kawan saja, supaya Si Unyil gak kalah sama Si Upin Ipin itu.


Wayang Kulit

Acap kacarita ... Pada sebuah dukuh nun jauh disana, sebuah dukuh yang dulunya "Gempa Ripa Loh Jinawi" tapi kini sedang dilanda berbagai malapetaka, mulai dari bencana kekeringan, banjir, tanah longsor akibat pembalakan hutan dari orang-orang tak dikenal, sehingga dulunya penduduk dukuh yang terbiasa dengan makanan pokok berupa nasi tapi akhir-akhir ini berganti ke mie instan. penduduk dukuh yang dulunya terbiasa puasa senin-kamis, sampai saat ini juga masih melaksanakannya, cuman bedanya kalau dulu puasanya hari senin sama kamis sekarang hari senin sama kamis makan sedang hari selebihnya puasa.

Untuk mengusir bala malapetaka, maka Pak Raden sebagai lurah mengadakan Sedekah Bumi dengan mengundang seluruh rakyat padukuhan. Maka berbondong-bondonglah seluruh rakyat padukuhan termasuk diantaranya Si Unyil, Ucrit dan Usrok menuju pendopo Balai Desa untuk menghadiri undangan Pak Lurah yaitu Pak Raden.

Seluruh Rakyat Padukuha gembira dan ceria menuju Balai Desa, dalam hati mereka berguman pasti mereka akan mendapatkan bagian bungkusan nasi di balai desa. Maklum saja selama ini rakyat padukuhan hanya makan mie instan terus. Tetapi ketika sampai di balai desa, semua pada melongo melihat tumpeng yang ada di tengah-tengah balai desa. Ternyata oh ternyata tumpeng yang biasanya berisi gunungan nasi yang menjulang tinggi dengan tutup daun pisang, tetapi kali ini hanya tutup daun pisangnya saja yang menjulang.

Pak Raden sebagai Lurah mengerti akan kekecewaan yang dialami oleh rakyatnya, maka dia menjelaskan semua itu pada sambutan pembukaan acara sedekah bumi. "Tenang-tenang rakyatku semua, dikarenakan beberapa hari kemarin adalah Hari Pangan Sedunia, maka kali ini kitapun memperingatinya juga dengan gunungan tumpeng yang tidak berisi nasi. Tenanglah wahai rakyat padukuhan... karena semua itu sudah dipikirkan oleh pemerintah kita yang diatas sana bahwa semua rakyat padukuhan pasti kebagian ... ya, kalian semua pasti kebagian .... kebledosan elpiji".

Setelah acara selesai, berbondong-bondong pulanglah seluruh rakyat padukuhan dengan wajah lesu karena harapan mereka akan kebagian segebok nasi kini sirnalah sudah termasuk Si Unyil, Ucrit dan Usrok. Dan ketika sampai rumah, istri mereka yang sedari tadi berharap-harap akan adanya nasi langsung berang melihat Si Unyil pulang hanya membawa bungkusan daun pisang tampa adanya nasi sebutirpun.

Maka Lengkaplah sudah penderitaan Si Unyil dan kawan-kawan, pulang tampa membawa nasi, diomelin sang Istri dan kini juga tidak mendapatkan jatah segelas Kopi Susu Pahit Tampa Gula dan beberapa batang rokok GG Surya yang biasanya selalu tersedia di pagi hari.

26 komentar

jiakakakkakak, ndalang yang bener to pakliek .. taklaporke kak seto lho :hiyah ra nyambung:
jaman wis akhir, jaman wis akhir bumine goyaang... Mbah petruk mo hajatan lagi.. kabuuur

Balas

haha... kasihan bgt si unyil, maen aja Nyil kermh Penghuni60, disini lg byk makanan nih, kue2 jg ada...
kopi manis jg ada tuh..
tp kalo udh abis smua tinggal bayarnya ya...
hehe... :)
(*jualan donk...)

Balas

Si Um bisa saja mengkolaborasi kata2nya....!!!
Keren UM sukses selalu.

Balas

wah wayang.... aku suka sob
sukses selalu ya

Balas

Berbagai bencana menerpa Indonesia mulai gunung meletus, tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan banjir. Terakhir yang menarik adanya anomali iklim yang dampaknya terjadi gagal panen, penurunan produksi beberapa komoditas pertanian dan perkebunan. Banyak petani tembakau yang 'menangis' karena gagal panen. Rendemen tebu menurun. Di Indonesia tahun 2010 penuh istimewa. Tidak ada musim kemarau. Sepanjang tahun musim penghujan.
Menarik sekali 'lakonnya' kali ini, ada mie instan, hari pangan sedunia, elpiji, dan kemiskinan. Semoga kepedulian terhadap sesama semakin meningkat. Indonesia yang guyup dan rukun bangun bersama bumi ini.

Balas

dalang edan ala pak Liek nih .. memang sngt cucok dengan zaman edan skrg ini...
Bagus postingnya, Pak Liek!!

Balas

kejam banget itrinya;tapi cerita sampean mengngatkan saya pada sebuah negeri....
dinegeri itu banyak antrian dan tak banyak yang kebagian...
negeri itu adalah>>>....

Balas

Jangan2 Pak Liek bisa ngedalang beneran nih...
Sindirannya benar2 mengena dan edan :)

Balas

katanya negara ini subur makmur gemah ripah Loh jinawi, tapi tukang bubur aja pada makan hati. karena dagangannya enggak Laku, akibat dari turunnya daya beLi masyarakat dan pada ngbubur sendiri2 karena nasi sudah di anggap sebagai barang mahaL.

Balas

hahahha masii kepake iia kang istilah roko' GG ntuh ?!?!? ck ck ck... o iia kang.. makasii uda berkenan mapir ke tempat saiia kang :)

Balas

semoga tradisi wayang, unyil-unyilan, gag tergusur ama pilm upin-ipin..:)

Balas

anak muda sulit menerima wayang ini.
benerean loh

Balas

ya kayak jaman sekarang wayang sudah hilang dari peredaran agaknya.
nice post buat melestarikan wayang

Balas

walah pak liek isih ndalang,
cah wingi sore ikut gantian ndalang lagune 'semut ireng'....
oing..
suroboyo geger kepatii.. gegere wong ngoyak 'macan den wadahi bumbung'...
macan kok dimasukin pralon, in alkato language its mean: lapindo.. xexexe.. kabuur

Balas

kalau ada kecap no 2 3 dan 4 dst tuh kecap g bakalan laku kali yh,

Balas

weuih, kasian banget pakliek desanya unyil,,
sinii-sini, di desa ane juga masih banyak makanan nyil,

palagi mie instan, kardusan ,,,hihihi

Balas

si unyiL. kasihan, kasihan, kasihan.
mampir ke rumah saya aja Lik, nti tak suguhi kopi mix tampa ampas pLus beberapa batang rokok putih rendah nikotin.

Balas

Pancen wolak-waliking jaman
amenangi jaman edan
ora edan ora kumanan

Balas

mugo2 kulo mboten kebagian kebledosan elpiji

Balas

Kayaknya cocok ni si Pakliek jadi dalang di OVJ, hahaha...
Tapi..kayaknya bakal ancur-ancuran, huahahahha...
*Kabuuuur :D

Balas

wess..kui loh bahasane seng awal mantep tenan pak liek pas buanget. lakone jan mantep...haha..

Balas

ini unyil versi OVJ kah hahahaha

curiga kisah si unyilnya pengalaman pak liek nya, pulang2 ga berhasil bawa nasi, dirumah kena semprot istri hihihih yg tabah ya pak ^^

Balas