Kontol Kambing Kuingin Menikmatimu

Kontol Kambing pasti kalian langsung membayangkan alat kelamin binatang yang bernama kambing, wajar saja kalau anda membayangkan seperti itu. Bagi Masyarakat Surabaya atau Jawa Timur sekitar tahun 80-an kebawah pasti sudah tahu, bila mereka ngga tahu berarti mereka terlewatkan akan masa jaya kontol kambing. Kontol Kambing yang saya maksud disini adalah nama untuk jajanan atau kue. Seperti bentuk, rasa, dan dari apa saja bahan pembuatannya ... .

kontol kambing jajanan khas Surabaya

Kontol Kambing atau biasa disingkat dengan KOLKAM bila orang merasa risih untuk menyebutnya secara lengkap merupakan nama jajanan yang sebenarnya mirip dengan onde-onde, yaitu isi di dalamnya berupa kacang ijo, tapi selimutnya bukan dari tepung beras-ketan yang ditaburi biji wijen, tetapi kulitnya dari adonan seperti yang dipakai buat pisang goreng.

Dan kenapa jajanan ini dinamakan "Kontol Kambing" karena memang bentuknya unik, kacang ijo (seperti isi onde-onde) dibuat bulat dua buah dan dilekatkan dengan adonan kulitnya lalu digoreng. dan jadilah bola kembar warna coklat, yang kalau dilihat bentuknya mirip dengan Kontol Kambing, karena itulah jajanan ini diberi nama "kontol Kambing".

26 komentar

Baru tau nih, nama yang unik, enak ngga?

Balas

hahaha....judulnya terkesan gimana gitu...pas baca...ow...ternyata ????

Balas

dikira apa boss ngak taunya nama makanan hehehe

Balas

Baru tau nich...gak nyangka aja ada juga nama yang unik..

Rasanya unik gak ya?

Balas

wew,,,dari juduLnya uda kayak bgmna gitu,,,,tapi emang makanan "kontoL kambing" gue juga suka banged tuh,,,,abiz enak banged sich rasanya....

Balas

emang anunya kambing bentuknya bulet ya???

Balas

Neh dia kue favoritku enak to...mantab tow pa lagi disantab pas anget anget di musim hujan hmmmmmm................

Balas

Sayangnya di sini ngga ada sob....jadi kangen negeri sendiri.....

Balas

weeeih...pertama lihat judulnya udah merinding.
(sensore) kambingnya itu lho, padahal juga biasa seperti kebanyakan jajanan lainnya.
aneh banget namanya minjam istilah punyae laki-lki he he he
tapi itulah indonesia, khususnya jawa. beraneka ragam bahasa yang dipunyai ^_^ i like indonesia!

Balas

mohon maaf nih Liek, saya interupsi.
Lebih Lengkap jajanan itu dinikmati bersama susu kopi pahit tampa guLa pLus GG surya di warungnya pak_RT, mungkin jadi Lebih maknyos uenaae, sampe-sampe nda tau kaLo sendaL jepit yang bentuknya udah nda karu-karuan baru aja di gondoL kucing.
--------------
tadinya saya sempet mikir ngeres Lho waktu baca juduLnya, heheheehe... (nda apa-apa kan kaLo komentarnya pake kata "hehehe..."). akibat sindrom "3 kata yang harus dihindari" nih, hehehehe...

Balas

wah kayak nya nama nya perlu di daur ulang tu bos.Misal nya diambil dr nama buah seperti buah blimbing.Jadi nama kue nya nanti adalah kue blimbing alias kue peli kambing.Loh kok msh saru juga.Lam knl bos

Balas

pagi pak_Liek, Lagi menikmati gurihnya koLkam yah?.
seLamat beraktifitas di awaL pekan ini, semoga tambah sukses.

Balas

Pak Liek..Pak Liek, aku sampai terkejut dan terbelalak membaca judul artikel ini. Tapi setelah membaca isinya aku jadi tersenyum dan teringat saat masih sekolah di SMP dulu. Di kala itu salah satu jajanan yang aku sukai di warung sekolah adalah 'Kokam'. Aku suka isinya dari kacang hijau, rasanya manis dibungkus adonan yang digoreng. Masa-masa saat di sekolah dulu begitu indah untuk dikenang, sayangnya ya tidak ada mesin waktu untuk kita kembali ke masa lalu. Salam sukses Pak Liek.

Balas

judulnya mengundang curiga wkwkwk.. kabuurr

Balas

kaget aku pak liek denger nama makanannya, oya kalo sekarang masih banyak yang jual ga makanan ini?

Balas

aku yo tahu pak liek pak liek kolkam ini wakakak

Balas

Medeni uwong temen rek judule.asli medeni uwong

Balas

Namabah maneh ae wis biar ndak kosong dan tambah banyak meski agak lama.
KOLKAM enak tenan pak liek.
gak usah ragu untuk di makan

Balas

wah belum pernah makan,tapi kayaknya enak tuh..hihi

Balas

wah ternyata makanan jajanan khas surabaya keren amat ya...hehehe jdai pengen nyoba tuh

Balas

cuma lihat judulnya dulu kirain betulan kolkam ternyata makanan enak

Balas

Lho koq nyasar kesini, yah.

Balas

kirain apa ngomongin kontol..:)

Balas

Ow..ow..ow, nama jajanannya 'menggelitik' :D
Menggoda banget deh, pengen nyoba.

Balas

hahaha... saya bener tertawa waktu baru baca judulnya. Setelah tau bahwa itu adalah jajanan kue, baru ngeh. Kayaknya sebutan KOLKAM kedengaran lebih manis. Salam kenal.

Balas