Gelar Pahlawan di Hari Pahlawan

O..BAMAlah aku...Selalu ke langit biru
Tinggalkan aku di sini...Biarkan aku nikmati
Belaian mesra mentari....Hangatkan jiwaku ini...


Berita-berita berbagai media baik cetak maupun televisi ramai menyoroti kedatangan Presiden Amerika serikat ke Indonesia. Sampai sekarang ini Pak Liek tidak tahu apakah seharian kemarin berbagai media menyorot terus Mr. Obama dikarenakan seharian kemarin Pak Liek jauh sekali dari yang namanya media. Bagi Pak Liek kunjungan Obama tidaklah penting karena kedatangan Obama ke Indonesia hanya ingin menikmati Bakso.

O..BAMA Pasti Berlalu, karena Pak Liek kali ini tidak akan membahas lebih jauh tentang Mr. Obama the President of USA. Pak Liek kali ini menuliskan tentang yang ada hubungannya dengan tanggal sekarang atau hari ini. Baiklah langsung saja Pak Liek mulai .... Acap Kacarita .....

Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 Nopember, Pemerintah Indonesia selalu menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional. Untuk tahun ini ada sepuluh tokoh yang telah diseleksi untuk memperoleh gelar pahlawan nasional. nantinya dari kesepuluh tokoh tersebut bisa saja semuanya mendapatkan gelar pahlawan nasional, bisa juga hanya satu dua tokoh saja.
pahlawan nasional

Sebenarnya pemberian gelar pahlawan nasional tidak ada yang salah, tapi untuk tahun ini begitu menarik karena ada dua tokoh yang banyak disorot dengan pemberian gelar pahlawan nasional. Yang pertama adalah Mantan Presiden Abdulrahman Wahid yang biasa dipanggil dnegan nama Gusdur dan mantan Presiden Soeharto.

Seperti kita ketahui bersama kedua mantan presiden baik itu Gusdur maupun Soeharto turun dari jabatan Presiden di tengah jalan. Bedanya kalau mantan Presiden Soeharto turun dari jabatannya karena desakan dari seluruh rakyat Indonesia sedangkan Gusdur turun dari jabatan presiden karena keinginannya dan melalui caranya sendiri.

Lebih menarik lagi usulan pemberian gelar pahlawan nasional untuk Gusdur tidak ada polemik sama sekali semua rakyat Indonesia mendukung Gusdur menyandang gelar pahlawan nasional, sedangkan untuk pemberian gelar pahlawan nasional bagi mantan presiden Soeharto memicu polemik. Bagi yang setuju gelar pahlawan untuk Soeharto, mereka berargumen Soeharto dipandang sebagai putra terbaik bangsa yang pernah memimpin dan mempertahankan kesatuan Negara Republik Indonesia. Bagi yang tak setuju berargumen, Soeharto pelanggar HAM berat dan koruptor yang memperkaya diri dan keluarganya.

Sampai saat ini jumlah pahlawan nasional Indonesia tercatat sebanyak 147 pahlawan nasional, lebih banyak dari amerika serikat yang hanya mempunyai sekitar 50-an (kalau gak percaya coba tanya saja pada Mr. Obama mumpung dia ada di Indonesia). Dan untuk tahun-tahun berikutnya mungkin akan bertambah lagi pahlawan nasional Indonesia.

Perlukah gelar pahlawan nasional sampai saat ini, mungkin para pahlawan kita yang telah gugur tidak butuh gelar pahlawan nasional. Yang butuh gelar pahlawan itu adalah para pengagumnya yang masih hidup.

Yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah seseorang yang mempunyai jiwa kepahlawanan. seseorang yang berani berjuang tanpa pamrih dan membela kaum tertindas. Sebenarnya sekarang ini banyak sekali pahlawan, tapi mereka tidak mempunyai jiwa kepahlawan, mereka adalah pahlawan bertopeng dan pahlawan kesiangan.

Sudah sekian dulu cerita Pak Liek kali ini, tapi sebelumnya Pak Liek harus clingak clinguk kiri kanan dulu kalau-kalau ada si jiox alkatro lewat, bisa gawat jadinya nanti malah Pak Liek disuruh menghadap pada tetangganya Yuk Nani si Yuk Tulkiyem suruh bayar hutang kopi pahit tampa susu.

Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah
Yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih
Maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga (bung Tomo, 1945)

44 komentar

Assalamualaikum Pak Lik ...
pictnya mangstab, seharusnya kang petruk layak dapat gelar pahlawan nasional. apalagi baru-baru ini menghebohkan merapi .... pakies ngawur.

Menjadi seorang pahlawan Nasional tentunya yang bersangkutan telah memiliki kontribusi yang sangat positip dalam mempengaruhi keberadaan bangsa ini menjadi lebih baik dan membawa nama harum bangsa. bagaimana dengan calon-calon pahlawan nasional kita?

Paklik, mana kopi pahitnya????!!!!!

Balas

betul kata Pak Liek terlalu banyak pahlawan bertopeng dan pahlawan kesiangan sebenarnya lebih banyak yang pantas mendapatkannnya namun terlupakan bagai di sapu ombak .....

Balas

masih capek dan lelah .. dua minggu dihajar sama anak² muda .... belom lagi sabtu-minggu besok dha ditunggu untuk dihajar lagi .......

Balas

Pahlawannya petruk ya?
mantap super man aja sampai kalah.

Balas

Memang cukup sulit mencari sosok yang berjiwa pahlawan pada saat ini. Hakekatnya pahlawan adalah orang yang mendapat pahala dari Tuhan Yang Maha Pengasih. Pahala atau anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa adalah sesuatu yang suci, agung dan 'sangat mahal harganya'. Makanya hanya sedikit orang yang mendapatkannya.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional hendaknya betul-betul selektif, cermat, dan terpilih. Berjasa amat besar bagi kemajuan bangsa dan negara ini, bukan hanya karena tokoh itu populer dan dikenal luas oleh masyarakat.

Balas

selama darah masih mengalir
takkan tinggal diam tuk mempertahankan kemerdekaan

Balas

jiwa2 pahlawan dijaman skrg bkn lg jiwa2 pahlawan yg sesungguhnya Pak.
tetapi hanya jiwa2 yg "sok jago" belaka.

Balas

jiwa2 pahlawan dijaman skrg bkn lg jiwa2 pahlawan yg sesungguhnya Pak.
tetapi hanya jiwa2 yg "sok jago" belaka.

Balas

Selamat hari pahawan..walaupun di negeri ini lagi musim pahlawan yg kesiangan.

Sukses selalu UM.

Balas

Bung Tomo itu pahlawan tapi baru diakui belakangan, banyak juga orang kecil yang pahlawan tapi dilupakan. Ah, pahlawan...cuma istilah.

Balas

bayarin aku segelas kopi susu, niscaya pak liek tak angkat jadi pahlawan, pahlawan kopi susu pahit wkwkwk...
ada pahlawan baru di depok lho, yaitu oknum sipir rutan brimob, sang patriot bagi kang Gayus tambunan wkwkwk...

Balas

salam sahabat
izin tuker link
linknya dah di pasang bisa di cek di TKP

Balas

bangsa yg besar adalah bangsa yg mengenang pahlawannya...tp bukan cuma nempelin posternya didinding kelas....

Balas

superman, spiderman, badman, semuanya dikalahkan petruk,
wah petruk memang pahlawan yang tangguh.
selamat hari pahlawan.
Bali Villas Bali Villa

Balas

Sy terus menyimak isu menarik ini, apalagi ada juga usulan dan sosok mendiang anak bangsa yang layak bergelar pahlawan seperti Bung Tomo arek Surabaya :)

Balas

Pak Harto dan Gus Dur belum diberi gelar Pahlawan nasional tahun ini...

Para relawan yang bekerja sepenuh hati di daerah bencana, menurut saya adalah orang2 yang memiliki jiwa kepahlawanan tinggi...

Balas

aku pun setuju Pak liek klo Gusdur jadi pahwalan nasional soalnya biarpun sbentar terbukti banyak yg beliau lakukan apalagi atas nama pluralisme ..

tapi aku lebih setuju klo para relawan merapi dan mentawai yg diberi gelar pahlawan hhe... :P

maaf baru bisa kesini Pak liek.... piye ki kabarmu???

Balas

bagi Saya yang paling penting adalah Do'a yang tulus buat mereka yg telah berjuang untuk Negeri ini. tdak hanya sekdar berdebat layak atau tidak layak mendapat gelar pahlawan,,,toh gelar itu sudah tidak berarti lagi bagi yg bersangkutan,,kalo masih hidup trus dapat gelar mungkin iya. mereka akan bangga.

Balas

Indonesia butuh pahlawan yg benar2 berani memerangi Koruptor,,,kalo ada yg memang benar2 berani,,,itu yg paling pantas dapat gelar.

Balas

para beliau yang telah wafat sebenarnya tidak membutuhkan "gelar" karena mereka sudah mempunyai gelar yang paling tinggi yaitu "almarhum dan alamarhumah"
yang almarhum butuhkan hanyalah doa dari anak-anak mereka(jika punya anak).
bagi kita hendaknya menghormati para almarhum dengan cara tidak "menghujat atas semua kesalahannya"

Balas

kalau aq sih keduanya pastas dibrikan gelar pahlawan

Balas

artikel yang bagus..
salam kenal ya.. ditunggu ya komentar baliknnya di blog saya :)

Balas

indonesia banyak superhero ya bung ? tapi kok kejahatan masih merajalaela ya? :(

Balas

gelar pahlawan diberikan kepada mereka yg mempunyai jasa besar dalam kemajuan bangsa dan negara, untuk hal pemberian saya ga punya banyak pengetahuan secara sistematis. saya juga ingin menjadi pahlawan bagi diri saya pribadi he²..

Balas

Siank Pak liek... sebelum jum'atan aku tak ikutan nimbrung nyari kopi pahit dlu nie hhe.... Wah tseh geger pahlawan nasional toh rupanya hhe.... ra melu ah... :P

Balas

gimana yo? lha wong sekarang liat kenyataan nasib para pahlawan hidup perang kemerdekaan (veteran) menyedihkan, boro-boro meningkatkan kesejahteraannya, banyak yang malah digusur dan diusir dari rumah 'dinasnya' jadi gelandangan ..

btw pakliek dicariin mbah dharmo tuh, utangnya dibayar dulu wkwkw

Balas

seLain para pejuang kemerdekaan, pada manta pemimpin negara ini pun di sebut pahLawan. seperti yang sudah Pak Liek uLas, nah kaLo Mbak Marijan termasuk pahLawan juga dong. semoga banyak yang sepaham dengan pendapat saya.

Balas

semoga jasa-jasa para pahlawan mendapat imbalan dari Tuhan

Balas

Siank Pak Liek... aku datang berkunjung ki... weh tseh ngopi di angkringan nie kayanya sampe belum sempet nulis hhaa.... Met liburan aja deh.. happy blogging

Balas

kang Petruk hebat juga ya...
bisa mengalahkan super man

Balas

para pahlawan sepi yang berjuang membantu pr korban bencana, pr relawan, para media, TNI yang tiap menit bertarung di tengah intaian awan panas, atau badai mentawai... saya rasa mereka lah para pahlawan sesungguhnya....

Balas

Salam Sahabat
Berkunjung untuk silaturrahim sekalian Mengucapkan Hari Raya Idul Adha

Balas

jalan2 disiang hari sambil baca2 postingnya Empu

Balas

selamat hari pahlawan.. pak lieek.. banguun sudah soree.... wkwkwk... met sibuk sibuk wae yo pak.. :D

Balas

Klo masalah pahlawan nasional itu sebenarnya masalah penghargaan negara atas jasa yang telah dilakukan 'si calon penerima gelar' tsb.Dengan tujuan akan dikenang sepanjang masa...

salam kenal

Balas

follower no. 135 berharap di follow balik

Balas