Sejarah Indonesia Ikut Piala Dunia

Indonesia yang sekarang ini bagaikan macan ompong dan tidak ada prestasi dalam persepakbolaan dunia. Yang terbaru ketika Timnas sepakbola Indonesia tersingkir lebih awal dan gagal menuju semifinal pada Sea Games Laos. Tapi dari semua itu ternyata ada secuil dibanggakan dari Indonesia dalam keikutsertaannya di Piala Dunia.

Indonesia adalah negara satu-satunya di Asia Tenggara dan negara pertama di benua Asia yang pertama ikut Piala Dunia (World Cup). Pada penyelenggaraan Piala Dunia di Prancis tahun 1938, keikutsertaan Indonesia waktu itu masih bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies). Pada putaran final Piala Dunia ini Indonesia hanya bertahan di putaran pertama saja setelah takluk dari Hungaria dengan skor 6 - 0. dan yang menjadi juara dunia adala Timnas Italia.

Keikutsertaan Indonesia yang kedua ketika Piala Dunia digelar di Jerman pada tahun 1974. Kali ini yang mewakili bukan Timnas sepakbola Indonesia, tetapi diwakili oleh sebuah koin " rupiah" tercinta.

Menurut Guardian, koin tersebut dibuat secara khusus sebagai cendera mata oleh percetakan Bank Indonesia pada tahun 1974 dan hanya ada tiga buah. Wasit asal Inggris, Jack Taylor mendapat koin tersebut sebagai cendera mata atas kontribusinya di sepakbola.

Taylor kemudian mendapatkan kehormatan untuk memimpin pertandingan puncak Piala Dunia 1974 yang mempertemukan tuan rumah Jerman Barat dengan Belanda, dan emudian menggunakannya untuk mengundi sebelum Jerman Barat dan Belanda melakukan kick off.

Pada Piala dunia 1974 ini keluar sebagai juara dunia adalah tuan rumah Jerman Barat setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2 - 1.

Setelah puluhan tahun berselang, kapan lagi Indonesia mengikuti putaran final Piala Dunia. Akankah pada terjadi pada tahun 2018 atau 2022 dimana negara Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala dunia.

"Yo ... ayo ... kamu harus menang"

*dari berbagai sumber

12 komentar

tetep semangatlah bwt timnas indonesia.....

Balas

setidaknya pernah ikut, badminton aja yang dulu jagonya sekarang menurun, gimana nih pembinaan... btw tetap semangat... :)

Balas

pmebinaan dahulu mungkin lebih baik, karena kita juara terus..

Balas

mungkin dana pembinaanya terlalu banyak diselewengkan, jadi tidak maksimal hasilnya. nice info mas, sukses ya

Balas

betul.. mungkin dana untuk sepak bola indonesia masih kurang... so banyak pemain yang masih ogah-ogahan dalam membela nama bangsa..

Balas

mantap,.,. minta koin langka nya aj dhe,. hehe,. doakan saja agar indonesia jadi lbh baik ge,.

Balas

baru tahu saya kalau Indonesia pernah ikut piala dunia..,

semoga prestasi itu bisa terulang kembali.., Amin..,

Balas

moga2 aja suatu saat nanti timnas bisa ikut PD lg, walaupun ga tahu kapan?

Balas

kalo sekarang prestasi indonesia di sepakbola adalah juara 1 tawuran antar pemain dan penonton.. menyedihkan sekali.. :(

Balas

selalu berharap Indonesia bisa mengikuti Piala Dunia walaupun melalui perjuamgan yang tidak mudah

Balas