Bendera Setengah Tiang Penggusuran PKL Pasar Maling

Sebenarnya malam ini mau posting tentang kekisruhan yang sudah Pak Liek persiapkan dari kemarin dan tinggal finishing paragraf terakhir saja. Tetapi dalam perjalanan ke warnet tadi ada sesuatu yang menggelitik di hati Pak Liek. Jadi dengan amat sangat terpaksa postingan tentang kekisruhan Pak Liek tunda dulu sampai keadaan benar-benar kembali normal seperti sedia kala.

Malam ini sekitar 300 meter dari rumah dalam perjalanan ke warnet Pak Liek masih tetap ditemani oleh si "ANU" berjalan pelan sambil menikmati goyangan si "ANU". Ada sebuah pemandangan yang menarik hati Pak Liek, sebuah rumah yang agak gelap penerangannya memasang bendera merah putih setengah tiang.

Dalam hati Pak Liek bertanya-tanya ada apakah ataukah ada seorang tokoh nasional yang meninggal sehingga memasang bendera merah putih setengah tiang, tapi kalau itu terjadi Pak Liek kok gak dengar kabar berita sama sekali di televisi.

Sambil menggoyang si "ANU" dengan lembut sekali pikiran Pak Liek melayang kilas balik ke belakang sambil bernyanyi-nyanyi dalam hati lagu Menanti Sebuah Jawaban milik Padi, Akhirnya menemukan juga sebuah jawaban bahwa rumah kecil dengan lampu temaram tersebut sedang memperingati Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2010.

Bendera Merah putih Setengah Tiang


Pak Liek terus melanjutkan perjalanan ke warnet sambil tengok kanan-kiri menghitung berapa bendera merah putih terpasang setengah tiang dalam perjalanan dua kilometer. Ternyata oh ternyata yang memasang bendera setengah tiang hanya beberapa gelintir tidak lebih dari sepuluh rumah/kantor. Pak Liek tidak tahu mereka lupa atau sengaja tidak memasang bendera merah putih setengah tiang di depan rumah/kantor.

Masih dalam perjalanan ada sesuatu hal yang menarik lagi, yaitu penggusuran oleh satpol PP yang dibantu oleh aparat kepolisian terhadap pedagang kali lima di Pasar Maling. Bedanya kali ini tidak ada kekisruhan ataupun kerusuhan pada penggusuran tersebut. Pak Liek sendiri kadang jengkel juga kalau melewati Pasar Maling karena kemacetan yang disebabkannya. Pasar Maling sendiri terletak diantara jalan depan stasiun wonokromo dan DTC (Darmo Trade Center).

Akhirnya perjalanan dengan si "ANU" sudah dekat dengan warnet, tapi sebelum menuju warnet tidak lupa Pak Liek mampir dulu ke Warung John yang tetap masih setia dengan suka rela tiap malam dijadikan tempat buat hutang kopi susu pahit tampa gula dan beberapa batang rokok GG Surya.

27 komentar

wah si ANU siapa dia ya pak Liek hehe
DImana mana penggusuran dimana mana obrakan.
capek deh Suroboyo iki

Balas

Wah jadi teringan waktu kecil Nonton Film PKI
Ngeri....

Balas

kirain masih panjang ceritanya, kayaknya belum selesai deh.
ditertibkan untuk kebaikan ya damai gitu dong, mereka salah masa mau melawan sih...

Balas

bukankah bendera merah putih itu sebaiknya kalau petang diturunkan, pagi hari dikibarkan lagi?

Balas

hehhehe... si "anu" itu siapa Pak Leik?

aku berkunjung npagi nih... maaf ya kalo OOT!! ^_^

Balas

Siank Pak Liek.. walah lama tenan ki ra Blogging hhe.. piye ki kabarmu pak liek? sehat-sehat toh?

Wah nggeh bener bgt tuh Pak Liek... aku yo ikutan postingn tentang hari kesaktian pancasila iki hari ini.. tapi mungkin klo boleh jawab ini ada hubungannya sama kontroversi Upacara yg gak wajib sehubungan dengan hari kesakttian pancasila ini pak liek... tapi nek seng polisi karo si satpol pp aku yo gemes kadang wong agi keluar nyari nafkaf wes digusur2 mneh ...

wes lah tambah emosi aku nanggapi satpol pp hhe... Semangat N happy blogging Mneh pak liek...

Balas

wuaaa.. pak lik nongol lagi.. si anu jangan ditinggal parkir kelamaan, kuatir diangkut satpol pp he he.. bendera setengah tiang takpasang tiap hari.. yang berkuasa makin foya-foya.. yang susah dianggap sampah, disapu dibuang seenaknya

Balas

Senangnya bisa mampir lagi.
Jadi malu nih, saya sendiri lupa untuk memasang bendera setengah tiang. Pusing liat berita bentrokan, tawuran, kerusuhan, ledakan akhir2 ini :(

Balas

bendera setengah tiang? rupanya utk memperingati hari kesaktian Pancasila...
Oya nama pasar maling apa ga salah sebut tuh...??
Salam kompak buat si 'ANU'-nya ya, smg tetap setia menemani Pak Liek...

nensa

Balas

ooooo iyaaa yaaa pasang bendera setengah tiang yaaa.... waaah kalo pasang bendera ingatnya kalo 17 agustusan aja nih pak lik. trims pak lik sudah di ingatkan kembali.

Balas

anu pak liek..
anu saya sedang anu...

jadi pejabat kita sekarang ini sedang memperbesar anu mereka...
melupakan anu...

Balas

penggusuran gambaran dari kurang kuatnya daya perencanaan pembangunan kota bagi pemerintah daerah dan juga lamban dalam mengatasinya, ketika masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu, baru repot diurusi yang sering membuat sakit hati rakyat kecil.

Balas

turut prihtin pak..

saya juga setengah tiang, tapi untuk G30S/PKI

Balas

Skr sudah banyak yang lupa akan sejarah bangsa sendiri...semoga dengan tulisan ini banyak yang ingat kembali akan tragedi berdarah itu....

Balas

jadi, pak liek setuju pa ga dg penggusurannya pasar malingnya neh (btw, nama pasarnya kok aneh bgt '.')

Balas

saat ini pancasila sudah tidak sakti lagi, karena rakyat ini lebih mengejar materi dan para pemimpun negeri ini hanya berpikir bagaimana cara menggarong uang negara

Balas

peringatan G30s pki biasanya juga mengibarjan bendera setengah tiangg

Balas

Wah, terima kasih nih sudah mengingatkan kalau kemaren tgl 1 oktober itu hari kesaktian pancasila, tp kok esensinya semakin absurd ya?? he.... masalah PKL harusnya pemerintah juga menyediakan temapt yang khusus untuk melakukan perdagangan untuk mereka dengan syarat dan prosedur yang disepakati bersama, jadi ga ada pihak yang dirugikan.

Balas

Heheheh iseng pak liek, pengen tampil beda adja sich sebenarnya makanya pilih thema software :)

Balas

penggusuran masih marak terjadi, seteLah di gusur maka menjamur Lagi. begitupun seLanjutnya penggusuran kembaLi terjadi, rotasi itu terus berjaLan tetapi dari pihak Pemda setempat pada umumnya beLum mempunyai soLusi yang tepat untuk bisa mengatasi haL itu.
haL itu terjadi, mungkin karena mereka terpesona oLeh goyangan si *anu* yang seLaLu menggoda tiap saku pejabat yang seLaLu ingin di isi oLeh *anu*

Balas

hari kesaktian pancasila selalu diperingati bangsa ini namun apakah pancasila masih sesakti dl, sepertinya tidak ya Pak liek hehe
Sukses Slalu!

Balas

biasanya yang masang2 gitu pasti veteran atau apa gitu...... kalo TNI/POLRI? agak diragukan... hha

Balas