Makanan Pokok Mie Pokoknya Mie Instan

Pada pelajaran Sekolah Dasar (SD) seperti kita ketahui bersama bahwa makanan pokok masyarakat indonesia adalah beras yang dapat diolah/dimasak menjadi nasi atau bubur. Tapi dimasa sekarang ini makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bertambah yaitu berupa mie instan sebagai makanan pokok kedua masyarakat Indonesia setelah beras.

Mengenai mie instan, kali ini mie instan jadi tersangka kembali dalam urusan pangan. Beberapa tahun yang lalu mie instan dituding mengandung lilin yang berbahaya bagi organ pencernaan manusia. Mie instan juga dituding sebagai makanan tidak bergizi. Tentunya semua tuduhan terhadap mie instan tersebut terasa menyakitkan bagi penggemar mie instan.

Mie instan kali ini jadi terhukum kembali terutama mie instan yang bermerk Indomie. Secara mengejutkan pemerintah Taiwan dan Hongkong menarik mie instan indomie dari rak-rak toko karena disinyalir mengandung bahan pengawet. Pemerintah Taiwan beranggapan bahwa Indomie yang beredar di negara tersebut mengandung zat berbahaya yaitu methyl phy-droxybenzoate dan benzoic acid yang merupakan bahan pengawet pada produk kosmetik. Bahan pengawet hydroxy methyl benzoate pada produk mie instan Indomie terdapat pada minyak sedangkan bahan pengawet benzoic acid terdapat pada bumbunya. Bila bahan makanan yang mengandung kedua zat tersebut dikonsumi maka konsumen bisa beresiko muntah-muntah dan beresiko terkena penyakit kanker.

Bagi penggemar makanan pokok mie instan jangan berkecil hati dulu karena mie instan juga mempunyai kandungan gizi. Seperti Pak Liek ini, apalagi ketika hitungan tanggal akan mendekati ajal pasti akan menstock kebutuhan pokok berupa mie instan.
Image and video hosting by TinyPic

Dilihat dari segi nilai gizinya mie instan sarat karbohidrat dan zat tenaga. Dalam semangkuk mie siap santap kemasan 75 gram mie turut menyumbang gizi sekitar 8 gram protein, 45 gram karbohidrat, 15 gram lemat serta sejumlah protein dan vitamin dan total energi yang diperoleh sekitar 350 kilokalori energi. Untuk menambah sumber gizi pada semangkuk mie instan sehingga tidak hanya berupa karbohidrat melainkan juga mengandung sumber protein dan sayuran bisa juga ditambahkan telor atau daging serta sayuran seperti wortel, tomat, kol, sawi atau tauge agar kadar vitamin dan mineralnya meningkat.

Bagi para penderita penyakit lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan dikarenakan mie instan mengandung ragi, sehingga akan menambah gas pada lambungnya. Selain itu, mie instan sebaiknya dihindari oleh para pengidap penyakit tekanan darah tinggi karena kada natrium pada MSG.

Sedangkan bagi para ibu hamil yang ingin menikmati mie instan sebaiknya tidak menggunakan bumbu yang terdapat dalam kemasan. lebih baik diganti dengan bumbu segar buatan sendiri dan dilengkapi dengan sumber gizi lainnya seperti mineral, vitamin dan protein.

Sungguh malang nian nasib mie instan, tidak di negara sendiri tidak di negara orang lain nasibnya selalu jadi tersangka atau terhukum. Semoga nasib mie instan tidak merambat ke kopi susu pahit tampa gula dan rokok GG Surya yang selalu setia menemani Pak Liek walaupun di tanggal-tanggal mendekati ajal sekalipun.

38 komentar

Tampaknya banyak sekali orang yang mengkonsumsi mie instan di Indonesia termasuk di Taiwan. Bahan makanan yang enak, praktis, mudah didapat, dan harganya relatif murah. Tentu saja produk pabrikan seperti ini mengandung bahan pengawet makanan. Dalam kadar tertentu memang masih aman untuk dikonsumsi. Namun bagaimana dampaknya terhadap tubuh manusia bila dikonsumsi terus dalam jangka panjang ? Langkah Taiwan ini perlu disikapi dengan bijaksana. Penggunaan bahan tambahan makanan harus diawasi dengan ketat. Jangan sampai terjadi penyimpangan atau pelanggaran. Masyarakat harus didorong untuk lebih banyak mengkonsumsi bahan-bahan alami, segar, dan bebas dari bahan makanan tambahan.

Balas

Wah ternnyata mie instan mengandung bahan yang berbehaya juga ya....!!! Kebetulan saya termsuk yang suka mengkonsumsi mie instan ini....!!!

Mungkin akan sedikit dikurangin mengkonsumsi mie instan ini....kalau boleh diberikan beberapa merek mie instanya yang mengandung bahan2 yg berbahaya UM biar lebih berhati hati.

Balas

Salam

Wah, fotonya gambar Mieyabi...
Hmm, saya penggemar mie instan loh kawan. Memang benar sih berita ini sudah banyak didengar oleh kawan2 diluar sana, tapi semakin banyak diberitakan semakin banyak yg mendukung dan menyelamatkan mie instan kawan (apa coba)

Salam kawan

Balas

Postingan yg sngt informative pak Liek!
Sy sendiri makan mie instant kalo udah kepepet bngt ga ada makanan lain...kalo buat anak2 sy malah menyarankan NO buat mie instant..

Thx ats postingnya!

Balas

Klo aku sebenernya tetep gak ngaruh pak liek... lha wong wes cinta mati sama Mie instan haha... pokoknya Indomie seleraku haha....

tapi gambarnya kayanya penuh serat dan gizi tuh haha.. dijual dimana toh mie yg diatas wkwkw...

Semangat n happy blogging Pak Liek...

Balas

hahaha mieyabi pak liek,oh ya indomie jga sekarang ditarik dari peredaran kabarnya ya..

Balas

Hahaha...gambar Mieyabinya kreatif tuh!

Mie instan disukai karena praktis dan ekonomis, kalo bisa sih jangan sering2, sekali2 aja...

Balas

maksude mie instan sama mie-yabi bedanya apa to pak liek? sama-sama instan to? wkwkwk..
mie instan apapun merknya ane suka, dan
mie yang paling enak rasa apa pak liek?
menurut ane, mie rasaaaaaah mbayar alias gratis xixixixi... kabuurrr :salam kenal

Balas

kebanyakan makan mie ga bagus juga kok! selain bikin kantong cekak, juga bisa bikin rambut kriwil!! (tp salon bakal untung, karena bonding laris! -ga nyambung)

Balas

maklum namanye anak kost pakliekk...supaya irit makan mie ajee...!duite bt bayar abodemen internet wkwkwk

Balas

zaman skarang cari yg serba instan aja dehhh

Balas

Hhahaha..ada2 aja ni si pak liek.
Buseeet..ngakak bener liat gambarnya :D
Btw, mie instant sepertinya jadi bahan perbincangan yang sedang hangat2'nya nih :D
Oh..ya, lama gak main kesini :D

Balas

mie instant aman tapi tetep gag sehat.

eh foto mienya ama foto mie di blogku sama..:)

Balas

aq juga salah satu penyuka mie instan loh sob, enak bgt soalnya

Balas

kita sudah terbiasa makan yang berbahaya kang... contohnya ajja mulai dari saus, kecap dsb.. klu tibang mie mengandung msg ajja sii... huehehehe... insya allah gag akan ada apa2 klu tuk msyrkt indonesia sii kang :(

miyabi.. mantap!!!

Balas

pantas saja teman ane dulu ngomentar gini, ngapain makan makanan sampah. Komentar tanpa penjelasan, dengan ini ane paham.
padahal mie jalan pintar ane ngisi perut laper kalo malem hari

Balas

waduh waduh baru nyadar ane kalo mie ya bie itu ....??? jadi iklan indomie .. :)

Balas

aku ksekarang mulai mengurangi komsumsi mie. tapi kasian juga ya anak kos yg udah kayak sodaraan ama mie

Balas

kalau mie(yabi) yang itu pasti dijamin mak nyuss

Balas

Hallo salam kenal maukah menjadi follower di blog saya

Balas

semoga saja pak liek, mie instan selain indomie sedikit lebih baik...
informasi gizi-nya keren tuh pak liek ...

Balas

reaLitas dari dampak buruk daLam mengkonsumsi mie instant secara berLebihan (sering) sudah banyak terjadi diLingkungan sehari2, tapi kenapa masih banyak peminatnya dan tetap di produksi yah?. padahaL Lebih ideaL kaLau di ganti dengan Mietabi yang memang mantap untuk di konsumsi daLam jumLah besar, sesuai dengan gambar yang tertera pada pLastik pembungkusnya.

merupakan sambiL menikmatinya gambarnya, adaLah sebagai teman daLam menyeruput kopi mix tanpa ampas dan menghisap beberapa batang rokok putih nikotin kadar rendah.

Balas

SIank Pak liek..... aku arep nyanyi ae lah..

indomie indomie seleraku..
indomie dari dan bagi.. indonesia ...

indomie... selera kuuuu.....

Balas

itu gambarnya dari mana sob?

Balas

lha sekarang kalo mi instant 3 menit udah siap saji, lha terus nek mi yabi.. maksude opo to pak liek? wkwkwk... -kabuur -

Balas

saya termasuk yang doyan sama mie, selain karena praktis juga enak, apalagi kalau pagi dan tengah malam biasanya ist time to indomei.

semoga masalah indomei ini tidak membuat ekspor indonie menurun kan jadi menurun juga pendapatan kita ya nggak

Balas

wah wah jangan makan mie terlalu sering :)

Balas

mie instan yg ini kapan beredar di pasaran ya..?
pengen tau juga tuh laku keras nggak ya..??

Balas

anu..saya boleh pesen mie yang itu ga hehe..
kayaknya rasanya aneh jadi penasaran wesss muantep

Balas

malem Pak liek.. walah kowe ki seneng amat ilang2an toh Pak liek hhe... sibuk toh? semangat ae lah...

Balas

mieyabi hahahaah lucu

Craking smadav dengan nama sendiri dalam waktu 3 menit tanpa donasi, tanpa posting forum, tanpa banner, tanpa keygen.

http://dadanpurnama.blogspot.com/2010/10/cracking-smadav-menggunakan-vbspy-dan.html

Balas

jiah gambare jian greng..wkwkwkwk

Balas